Artikel Populer

Kuatkan Generasi NU Santri Ponpes Al-Muhajirin gelar Kegiatan MAPAG PAGAR NUSA

Kuatkan Generasi NU Santri Ponpes Al-Muhajirin gelar Kegiatan MAPAG PAGAR NUSA

Pimpinan Cabang Perguruan Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Purwakarta melalui PAC Pagar Nusa Kecamatan Sukatani merekrut puluhan anggota baru yang digembleng dalam kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapag).

Kegiatan kaderisasi tingkat awal di tubuh Pagarnusa ini digelar di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3. Jum’at-Ahad (17-19/11).Kegiatan Mapag ini merupakan pintu gerbang generasi muda NU untuk berkhidmat bela NU dan bela NKRI lewat pencak silat, kegiatan ini diikuti oleh 200 peserta dari santri putra & putri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3

Melalui kegiatan Mapag ini, diharapkan dapat melahirkan kader-kader Pagar Nusa yang militan dan berprestasi karena para peserta akan dibekali berbagai materi dan keterampilan yang berkaitan dengan dunia pencak silat. Para peserta akan diberikan beberapa materi di antaranya tentang NU dan Pagar Nusa, teknik-teknik tarung, seni tunggal, ganda dan rampak.

para peserta didorong agar memiliki karakter yang menjadi ciri khas Pagar nusa, yaitu berani, tegas, dan cepat mengambil keputusan dalam situasi genting sekalipun. Meski demikian, semua itu tetap harus dalam koridor akhlakul karimah. Karena walau bagaimana pun juga kita sebagai santri harus sami'na wa atha'na pada kiai,

setelah resmi menjadi anggota Pagar Nusa para peserta diharuskan selalu mengedepankan sikap tawadlu dan tidak sombong. Sebab, kesaktian pendekar akan jadi malapetaka ketika sudah dicampuri dengan kesombongan. Selain itu, kata dia, pencak silat merupakan seni bela diri yang punya beberapa kelebihan dan manfaat.

Di antaranya bisa memberikan kesehatan jasmani sekaligus rohani. Secara jasmani tentu saja baik untuk kesehatan karena badan terus bergerak. Kesehatan rohani, tambahnya, para pendekar dilatih untuk selalu ingat kepada Allah Swt sebagaimana tercantum dalam logo Pagar Nusa: Laa Ghaliba illa Billah (Tak ada kemenangan tanpa pertolongan Allah). Dengan memiliki keterampilan bela diri apalagi sering diolah dalam latihan Insya Allah bisa meningkatkan rasa percaya diri dan konsentrasi.

Semoga ini menjadi suatu hal yang bermanfaat dan keberkahan untuk kita semua aamiin

Penulis : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori