Demo Ekstrakurikuler Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3

Demo Ekstrakurikuler Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3

Purwakarta - Selasa, 02 Agustus 2022 

Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 sukses menggelar acara Demo Ektrakurikuler (Demo Ekskul) tahun pelajaran 2022/2023. Acara seperti ini rutin diadakan setiap awal tahun pelajaran baru sebagai promosi kepada para peserta didik, terutama bagi peserta didik baru. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Yayasan Al-Muhajirin Ibu Dr.Hj.Ifa Faiza Rohmah,M.Pd , Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3, Bapak KH. Anang Nasihin, MA , Kepala SMA & SMK Al-Muhajirin, H. Karya, S.Pd.I dan para guru juga para staf tata usaha yang mengabdi di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3. 

img-1659480957.jpg

Acara resmi dibuka oleh Ketua Yayasan Al-Muhajirin Ibu Dr.Hj.Ifa Faiza Rohmah,M.Pd sekitar pukul 09:00 WIB dengan Pembacaan Surat Al-Fatihah dan Pemukulan Gong secara simbolis . Dalam sambutannya, sebelum membuka acara tersebut, Ketua Yayasan Al-Muhajirin Ibu Dr.Hj.Ifa Faiza Rohmah,M.Pd berpesan kepada para santri " Kita harus mempunyai kecerdasan dan keterampilan , 9 Kecerdasan yang wajib dimiliki oleh para santri yaitu :

1. Kecerdasan verbal-linguistik

2. Kecerdasan logis-matematis

3. Kecerdasan spasial-visual

4. Kecerdasan kinestetik-jasmani

5. Kecerdasan musikal

6. Kecerdasan intrapersonal

7. Kecerdasan interpersonal

8. Kecerdasan naturalis

9. Kecerdasan eksistensial

img-1659480977.jpg

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3, Bapak H. Anang Nasihin, MA berpesan agar semua peserta didik ikut serta terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler. Setiap peserta didik wajib mengikuti minimal satu mata kegiatan ektrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa ekstrakurikuler itu merupakan kegiatan non-pelajaran formal yang dilakukan peserta didik sekolah atau universitas, umumnya di luar jam belajar kurikulum standar. Kegiatan-kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Kegiatan ekstrakurikuler ditujukan agar peserta didik dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun peserta didik itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

img-1659481010.jpg

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 ini berbentuk kegiatan dalam bidang seni, olahraga, pengembangan kepribadian dan kegiatan lain yang bertujuan positif untuk kemajuan dari peserta didik itu sendiri. Banyak sekali mata kegiatan ekstrakurikuler yang disediakan bagi para peserta didik SMP 3, SMA 3 dan SMK Al-Muhajirin, diantaranya: Drumband, Pramuka, PMR, Paskibra, Pencak Silat, Karate, Futsal, Bola Basket, Bola Voli, Marawis, Hadroh, Marching Band, Seni Musik, Seni Lukis, Desain Grafis dan Literasi.

Acara Demo Ekskul ini berlangsung seharian dari pagi sampai Siang Hari . Acara ini ditutup secara resmi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 sekitar pukul 12:00 WIB. semoga dengan adanya kegiatan ini para santri baru menbjadi lebih semangat dalam memperbaharui semangat belajar mereka.Aamiin 

Penulis : Dimas Ardiansyah

Sumber : https://muhajirin3.com/demo-ekstrakurikuler-pondok-pesantren-al-muhajirin-3-detail-443598