Haflah Nuzulul Quran 1443 H

Haflah Nuzulul Quran 1443 H

Purwakarta - Malam Nuzulul quran menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadan dimana malam tersebut adalah malam turunnya Alquran ke muka bumi. Nuzulul quran merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Nuzulul quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan setiap tahunnya.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam. Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Nuzulul quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran. Alquran pertama kali diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadan. Momen inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Selasa pada tanggal 19 April 2022 bertempat di Lapangan Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 telah berlangsung kegiatan Haflah Nuzulul Qur'an 1443 H , diiringi dengan kegiatan Khotmil Qur'an, Tausyiah , Buka Bersama, Santunan, dan Tabligh Akbar. Acara ini dihadiri oleh segenap pengurus dan Aparatur setempat, yaitu Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin, Ketua YAYASAN Al-Muhajirin, Ketua Polsek Sukatani, Koramil, Kepala desa, dan Tokoh Mayarakat Lainnya.

img-1650423467.jpg

Kegiatan ini berlangsung pada Sore hari sejak pukul 16.00 dimulai dengan acara Khotmil Qur'an secara bersama-sama dengan para Guru dan Santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 . disambung dengan Tausyiah dari Syaikhuna Dr.KH.Abun Bunyamin,MA selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta. lalu di akhiri dengan doa bersama dan Buka Bersama para Santri dan Guru beserta Mayarakat Sekitar. selain itu acara ini dilanjutkan dengan Agenda Vaksinasi yang dilaksanakan di Aula Putri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 yang bekerja sama dengan Polsek, Koramil, Puskesmas Kecamatan Sukatani. dengan pemberian dosis 1, 2 dan 3 .

img-1650423436.jpg

lalu disambung lagi dengan Acara Tabligh Akbar yang dihadiri oleh Al Habib Abdullah Muhsin BSA (Plered) dan ditayangkan langsung di Channel Youtube Al-Muhajirin 3 TV . diakhiri dengan doa bersama semoga dengan adanya Agenda Haflah nuzulul Qur'an ini menjadikan keberkahan bagi kita semua .Aamiin.  

Sumber : https://muhajirin3.com/haflah-nuzulul-quran-1443-h-detail-442248