Artikel Populer

Akhlak Seorang Santri (Syaikhuna Prof (HC) Dr.KH.Abun Bunyamin,MA)

Akhlak Seorang Santri (Syaikhuna Prof (HC) Dr.KH.Abun Bunyamin,MA)

Akhlak Seorang Santri 

Syaikhuna Prof (HC) Dr.KH.Abun Bunyamin,MA


1.       Hendaknya Membersihkan Hati Dan Sikap Yang Mengotorinya Seperti Dendam, Hasut, Buruk Sangka. Seorang Murid Tidak Boleh Jadi Seorang Pemarah Dan Pengkhayal

2.       Hendaknya Mempnyai Niat Yang Baik Dalam Tholabul Ilminya. Seperti Untuk Mencari Ridho Allah, Untuk Membangun Rumah Akhirat Dan Untuk Menghidupkan Dan Mengekalkan Agama Allah.

3.       Hendaknya Menggunakan Masa Muda Untuk Focus Belajar Dan Tidak Tergoda Oleh Hawa Nafsu, Sebab Masa Muda Adalah Masa Keemasan Yang Tidak Akan Pernah Kembali Lagi

4.       Hendaknya Sabar Menerima Keprihatinan Dalam Hal Makan, Minum, Pakaian, Dan Lain-Lain Serta Menghindari Pola Hidup Mewah. Selalu Khidmah Kepada Orang Tua Dan Ulama.

5.       Pandai Membagi Waktu Dalam Berbagai Kesibukan Untuk Belajar, Menghapal, Mengaji, Menulis, Terutama Pada Waktu Malam Hari Dan Waktu Sahur.

6.       Belajar Menyedikitkan Makan, Jajan, Termasuk Penggunaan HP Yang Tidak Bermanfaat Dan Hura-Hura. Sebab Dengan Banyak Makan Dan Main Sama Dengan Banyak Penyakit. Hendaklah Perbanyak Puasa, Mengaji Dan Sholat Malam.

7.       Bersikap Waro’ (Hati-Hati) Dalam Makan, Minum, Serta Pergaulan. Sebab Awro’ Memiliki Pengaruh Yang Sangat Besar Terhadap Keberkahan Ilmu Yang Telah Di Raih.

8.       Hindari Makanan Yang Dapat Membahayakan Kesehatan Otak Seperti Makan Apel Masam, Cuka, Kacang Buncis, Atau Yang Dapat Menimbulkan Bulghom (Dahak) Seperti Susu Dan Ikan Yang Berlebihan

9.       Tidak Boleh Tidur Lebih Dari 8 Jam, Adapun Kurang Dari 8 Jam Diperbolehkan Asalkan Badan Kita Kuat, Tetapi Tidak Boleh Tidur Sebelum Isya Setela Subuh Dan Setelah Ashar Kecuali Apabila Darurat. Dan Baik Sekali Apabila Tidur Sebentar Di Siang Hari.

10.     Selektif Dalam Pergaulan, Kita Hanya Boleh Bergaul Dengan Orang Cerdas, Berakhlakul Karimah Dan Zuhud, Hindari Pergaulan Bebas Dengan Lawan Jenis, Baik Buruknya Agama Seorang Terlihat Dengan Siapa Dia Berteman


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori