Artikel Populer

Panggung Muhajirin 2021

Panggung Muhajirin 2021

Panggung Muhajirin adalah sebuah karya dari siswa kelas 3 SMP dan 6 SMK Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 dalam rangka mempersembahkan karya seni yang menggambarkan pesan dan kesan yang ingin disampaikan dalam rangka berdakwah yang merupakan bagian dari prinsip pembelajaran di Pondok Pesantren Al-muhajirin 3.

Penampilan yang mereka tampilkan sangat memukau para penonton, dari tokoh masyarakat, para orang tua santri, Ibu dan Bapak Guru, serta Asatidz dan Ustadzah. Angkatan ke-6 bagi siswa kelas 3 SMP menamakan angkatannya dengan nama Petrichor Generation dan Angkatan angkatan ke-3 bagi kelas 6 SMK menamakan angkatannya dengan nama Stargazing Generation. Kedua nama tersebut memiliki makna yang berbeda. Petrichor generation (bau air setelah hujan) persis seperti namanya, petrichor, dimana aroma petrichor ini tidak semua orang suka dengan aromanya, tetapi walaupun ada seseorang yang tidak suka dengan aroma petrichor ini setidaknya dia tetap bersyukur atas hujan yang turun, karena aroma khas petrichor keluar disaat hujan pertama di musim penghujan dimana telah melewati musim kemarau yang panjang, dimana di musim ini banyak orang telah mencapai titik kritisnya. Sedangkan Stargazing generation (Santri at Raise up Al-muhajirin Amazing, santri saat kebangkitan Al-muhajirin). Stargazing memiliki makna bahwa kami adalah santri yang ada dan berperan saat kebangkitan Al-muhajirin khususnya Al-muhajirin 3, selain itu stargazing dapat diartikan sebagai bintang-bintang.   

Penampilan yang mereka tampilkan sangat memukau para penonton. Karya yang mereka tampilkan terdiri dari 12 penampilan, diantaranya : seni budaya, tari Aceh, silat, burodi, jabawokez, soutunnajah, biografi pak kyai, rampak, musik, dan lain-lain. 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-muhajirin 3, Ust. K.H. Anang Nasihin, M.A. dalam sambutannya mengatakan bahwa kreasi ini merupakan bagian dari kampus 3, dari 6 tahun yang lalu. Untuk angkatan ke-6 (SMP) dan ke-3 (SMK) ini menamakan Petrichor Generation yang artinya Aroma. Aroma yang mana setelah kemarau panjang memberikan bau yang disukai banyak orang. Sedangkan untuk SMK menamakan Stargazing Generation yang artinya Generasi Bintang, yang jika dijabarkan huruf S nya Sun artinya matahari, huruf T nya Tree yang bermakna bahwa mereka angkatan ke-3 dari SMK @ artinya waktu dan R artinya kebangkitan dan yang terakhir Zing yang artinya luar biasa.  

Pimpinan Pondok Pesantren Al-muhajirin Purwakarta, Syaikhuna D.R. K.H. Abun Bunyamin, M.A., dalam tausiyahnya mengatakan bahwa untuk zaman kita para santri harus menguasai ilmu agama dan ilmu sains. 

Ada 3 hal ketika ingin berhasil dalam belajar

Cita-cita yang tinggi

Sungguh-sungguh dalam pekerjaan

Istiqamah 

Tidak cukup dengan doa saja tetapi harus ada upaya, usaha dan pengorbanan untuk menghasilkan ilmu. Yang menyebabkan doa tidak diijabah diantaranya : makan dan minum yang tidak halal, permintaan yang mustahil, harus difahami doanya, dan tidak ada usaha yang sungguh-sungguh. 

 Dibalik megahnya penampilan karya seni para santri tidak luput dari bimbingan dan arahan para pembimbing yang dipimpin oleh Ust. Artha, Ust. Nasyirudin dan Ustdzah Wida yang telah mempersiapkan acara panggung muhajirin 2021 dengan baik.   

 Dengan adanya panggung muhajirin menjadikan para santri dapat memerluas dan mengembangkan kreativitas di bidang seni, dengan tetap berpedoman pada nilai-nilai agama sebagai tujuan dakwah.


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori