Artikel Populer

Perlombaan Mahalul Qiyam Se-Yayasan Al-Muhajirin

Perlombaan Mahalul Qiyam Se-Yayasan Al-Muhajirin

Purwakarta - 20/10/22

Pada 12 Rabiul Awal, umat Islam di seluruh dunia merayakan Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Meski tidak mesti pada 12 Rabiul Awal, namun perayaan Maulid sudah menjadi tradisi, termasuk di Indonesia.Salah satu yang sering dilakukan dalam menyemarakkan Maulid Nabi adalah dengan pembacaan Kitab Barzanji atau Sholawat Barzanji. Para pembaca yang tartil bergantian membaca bait demi bait, riwayat Nabi Muhammad SAW, semenjak kelahirannya.

Dalam pembacaan Kitab Al-Barzanji ada satu momen spesial ketika seluruh peserta berdiri. Namanya yakni mahalul qiyam.Sesuai namanya, mahalul qiyam adalah momentum orang berdiri setelah sebelumnya duduk pada forum pembacaan maulid Barzanji. Jamaah maulid berdiri dan membaca sholawat bersama-sama.

Alhamdulillah , pada tanggal 19 Oktober 2022 Bertepatan dengan 23 Robiul Awwal 1444 H , Yayasan Al-Muhajirin menyelenggarakan Kegiatan Perlombaan dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW, dan Hari Santri Nasional 2022 dengan Perlombaan Pembacaan Mahalul Qiyam , yang di laksanakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan (DPMP) Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta, yang bertempat di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 Citapen Sukatani Purwakarta. 

Kegiatan Ini dibuka dengan Khidmat sambutan oleh Ketua Direktorat Penjaminan Mutu Pendidikan (DPMP) Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta Dr.H.Cece Nur Hikmah,MA Beliau menyampaikan bahwa agenda kegiatan ini merupakan salah satu cara kita untuk menamkan rasa cinta kepada rosulullah SAW. dan agenda ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperat tali silahturahmi antar sesama unit se-Yayasan Al-Muhajirin Purwakarta.

Lalu disambung Sambutan sekaligus pembukaan oleh Ketua Yayasan Al-Muhajirin Ibu Dr.Hj.Ifa Faiza Rohmah,M.Pd secara simbolis dengan pemukulan gong . beliau menyampaikan bahwa selain untuk memperingati maulid nabi SAW , Agenda ini merupakan salah satu kegiatan kita dalam memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 dengan tema  "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan" .

Kegiatan ini dilaksanakan menjadi 2 Kategori yaitu

- Kategori untuk SD,SMP,SMA,SMK,PERGURUAN TINGGI Se-Yayasan Al-Muhajirin

- Kategori untuk Guru-Guru, dan Staff Se-Yayasan Al-Muhajirin

semoga dengan diadakannya kegiatan ini menjadi keberkahan bagi kita semua, Aamiin . 

Penulis : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori