Artikel Populer

Dengan Berjemur Corona Kabur

Dengan Berjemur Corona Kabur

Belakangan ini, berjemur menjadi tren yang “katanya” ampuh dalam melawan virus corona. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini sangat mudah menular melalui kontak langsung. Bagi seseorang yang memiliki sistem imunitas yang rendah, mereka akan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terpapar virus. Dengan memiliki sistem imunitas yang tinggi, tubuh dapat secara langsung mencegah dan melawan virus dalam tubuh.

Salah satu cara yang sering dipakai belakangan ini adalah berjemur. Paparan sinar matahari langsung dapat merangsang produksi vitamin D, yang penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dari makanan. Selain itu, vitamin D berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh, serta pembentukan sel darah. Untuk menjaga kadar vitamin D dalam tubuh, kamu cukup berjemur selama 5-15 menit perhari. 

Setiap pagi para santri diarakan ke lapangan untuk berjemur agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat, sehingga mampu menangkal virus corona. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat berjemur di pagi hari dapat membantu menekan sistem imun tubuh yang terlalu aktif. Dengan berjemur, sel darah putih mengalami peningkatan, sehingga dengan sendirinya mampu mengatasi penyakit dan mencegah infeksi.

Berikut beberapa manfaat berjemur di pagi hari, antara lain:

  • Mengatasi Kelainan Kulit. Paparan sinar matahari di pagi hari mampu membantu penyembuhan kelainan kulit, seperti jerawat, eksim, penyakit kuning, serta infeksi jamur. Namun, untuk mencegah efek samping negatif dari radiasi paparan sinar UV, usahakan untuk berjemur dalam waktu dan durasi yang tepat, ya!
  • Meningkatkan Fungsi Otak. Manfaat berjemur selanjutnya adalah meningkatkan fungsi otak. Faktanya, fungsi kognitif akan semakin berkurang saat tingkat vitamin D dalam tubuh berada dalam angka yang rendah. Selain itu, sinar matahari memicu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yaitu bagian otak yang bertanggung jawab dalam membentuk, mengatur, dan menyimpan ingatan.
  • Menurunkan Tekanan Darah. Saat berjemur, tubuh melepas senyawa nitric oxide ke dalam pembuluh darah. Senyawa ini berfungsi dalam membantu menurunkan tekanan darah. Dengan tekanan darah yang stabil, kamu akan terhindar dari penyakit berbahaya, seperti stroke dan serangan jantung.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang. Manfaat berjemur selanjutnya, yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D akan merangsang penyerapan kalsium dan fosfor dalam makanan yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Selain itu, sinar matahari meningkatkan kandungan vitamin D3 dalam tubuh yang memiliki peran penting dalam membentuk kepadatan tulang. 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori