Artikel Populer

Khutbatul Ikhtitam 2022

Khutbatul Ikhtitam 2022

Hari Ahad, 12 Juni 2022 Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 Citapen Sukajaya Sukatani Purwakarta telah sukses mengadakan acara Pelepasan/Perpisahan siswa Akhir Kelas 3 SMP (IX SMP) dan 6 SMK (XII SMK). Acara dimulai dengan prosesi upacara kedatangan iring-iringan santri kelas akhir dari luar lapangan utama menuju ke tempat acara. Bersamaan dengan iring-iringan ini dibarisan paling depan yaitu Bapak Pimpinan (Syaikhuna Dr.KH.Abun Bunyamin,MA) didampingi oleh Bapak dan Ibu Pengasuh dan Bapak Kepala Sekolah SMK serta Para Guru, Asatidz dan Ustadzah baik Ibu-ibu maupun Bapak-bapak. Iring-iringan ini dimeriahkan oleh iringan musik khas tradisional adat sunda (MAPAG)


Setelah iring-iringan ini menuju tenda utama acara lalu para guru duduk di barisan paling depan dan di belakangnya para siswa akhir kls 3 SMP dan 6 SMK yang diikuti oleh para orang tua siswa akhir yang datang baik ayah ataupun bundanya juga keluarganya.

Acara dimulai dengan pembacaan Tawasul dan do'a yang dipimpin oleh Ustadz Aip Hasan Sadili,S.Ag kemudian acara dilanjut dengan pembacaan ayat suci al-Quran dan Sholawat oleh Ustadz Amirudin yang dilanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Al-Muhajirin dan Subanul Wathon yang diikuti oleh semua jama'ah yang hadir.


Dilanjut dengan sambutan yang disampaikan oleh Pengasuh Pesantren Al-Muhajirin 3 H. Anang Nasihin, MA, dalam sambutannya beliau menyampaikan : 1. Ucapan terima kasih kepada semua panitia baik dari guru ataupun dari siswa yang bisa mempersiapkan segala hal untuk kelancaran agenda ini.  2. Ucapan terima kasih kepada para Orang Tua yang telah hadir dan memberikan amanahnya kepada Pesantren untuk menitipkan para putra dan putrinya belajar selama 3 tahun atau bahkan ada yang sampai 6 tahun. 3. Mohon maaf kepada semua pihak atas kekurangan dan kealfaan selama ini dalam rangka mendidik, membina dan mengarahkan para santri barang kali ada dan banyak kesalahan yang dilakukan. Kemudian beliau menyampaikan amanah untuk para santri bahwa tujuan pembelajaran di Al-Muhajirin ini supaya : 1. Semua santri menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah dengan pembiasaan ibadah sehari-hari yang diikuti oleh para ssantri mulai sholat berjamaah 5 waktu, sholat-sholat sunat tahajjud, witir, tasbuh, dhuha, pembacaan al-Quran, kajian kitab-kitab salaf dan kajian-kajian keilmuan yang lainnya. 2. Agar santri mempunyai Akhlak yang mulia sebagaimana yang di contohkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw yaitu dengan pembiasaan dan mengarahkan para santri untuk terbiasa menghormati guru dan temannya, mengucapkan salam setiap bertemu, bermusafahah dan kajian-kajian kitab akhlaq. 3. Agar para santri menjadi anak yang berguna di masyarakat yaitu dengan pembiasaan santri di berikan tuga di rumah saat liburan.


Kemudian acara diakhiri dengan tausiyah sekaligus sambutan dari Ibu Ketua Yayasan Al-Muhajirin DR. Ifa Faizah Rohmah, M. Pd dimana beliau menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada para santri yang telah rela dan siap untuk belajar dan mukim di pesantren baik yang 3 tahun ataupun yang 6 tahun, karena kesadaran anak-anak untuk tinggal di Pondok bukanlah hal mudah ditengah-tengah godaan mereka di daerahnya masing-masing dengan bebasnya alat-alat komunikasi dan media sosial akan tetapi mereka dengan kesadarannya meninggalkan semua itu demi mencapai cita-cita luhurnya menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah dan mendapatka Ridlo dari Alloh Swt.


Kemudian acara dilanjutkan dengan Tausiyah dari Bapak Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin DR, KH. Abun Bunyamin, MA yang dalam tausiyahnya beliau menyampaikan dalam rangka mewujudkan para santri supaya menjadi anak-anak yang Sholeh dan Sholehah : 1. Rajin berdoa kepada Allah karena doa adalah Ruhul ibadah . 2. Carikan guru yg akan membimbing nya dan masukan ke pondok pesantren. 3. Curahkan kasih sayang yg penuh kepada anak kita. 4. Jangan sekali-kali memberikan makanan dan minuman yg tidak halal. Kemudian beliau menyampaikan 5 pesen buat para santri : 1. Tidak boleh berhenti ngaji. 2. Tekun ibadah terutama shalat lima waktu. 3. Tidak boleh berhenti belajar pengetahuan. 4. Dakwah dalam kebaikan. 5. Dimanapun berada do'akan Al Muhajirin, bapak, dan guru-guru semua. Lalu disambung dengan persembahan lagu sang kyai yang dinyanyikan bersama-sama oleh para siswa  Kelas 3 SMP (IX SMP) dan 6 SMK (XII SMK).


Acara dilanjut oleh sambutan dari atas nama orang tua santri, beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Pimpinan Pesantren, Para Pengasuh dan juga Para Guru/Ustadz dan Ustadzah yang telah mendidik para santri selama belajar di Al-Muhajirin 3 ini.


Acara dilanjut dengan prosesi wisuda yang diikuti oleh semua santri kelas akhir SMP 84 orang dan SMK 21 orang, dilanjut dengan pengumuman siswa yang berprestasi dari semua bisang : terbaik Ujian, hapalan Quran, juara kelas, siswa paling rajin ibadah, paling hebat berbahasa Arab/Inggris dan siswa dengan juara umum yang di menangkan oleh saudara Ramadha Abu Dzar dari Siswa SMK & Zulfa Lazuardi dari Siswa SMP. 


Akhir agenda acara setelah diumumkan kejuaraan-kejuaraan santri berprestasi, dilaksanakan pemotoan semua guru dengan bapak Pimpinan Pesantren dan diakhiri denagn Musofahah dengan para orang tua santri./AN 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori