Artikel Populer

Dzikir Istighosah Sebagai Momentum Peringatan Hari Santri 2022

Dzikir Istighosah Sebagai Momentum Peringatan Hari Santri 2022

Purwakarta - 20/10/22

Dalam hidup, kita selalu dihadapkan dengan ujian, sebagai umat muslim Allah SWT adalah satu-satunya tempat mengadu dan memohon pertolongan. Berbagai cara dapat dilakukan untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT, salah satunya adalah Istighosah.

Singkatnya Istighosah adalah meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dihilangkan dari kesukaran. Permohonan doa dalam Istighosah merupakan suatu hal yang sifatnya dirasakan bersama seperti saat ujian, dijauhkan dari wabah penyakit dan dihindarkan dari bencana.

Untuk itu, Istighosah biasa dilakukan secara berjamaah dengan tujuan agar Allah SWT mengabulkan permohonan tersebut. Dalil yang mendasari istighosah salah satunya telah disebutkan dalam hadits Nabi SAW, yang artinya:

"Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat, sehingga keringat sebagian orang keluar hingga mencapai separuh telinganya, ketika mereka berada pada kondisi seperti itu, mereka beristighosah (meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa kemudian kepada Nabi Muhammad.” (HR. Al Bukhari)

Alhamdulillah , Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 bersama dengan Jamiyyah Ahli Thoriqo An-Nahdhiah Syubiyyah Purwakarta Menggelar Dzikir dan Istighosah dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 pada kamis malam jum'at tanggal 20 Oktober 2022. Sekaligus dengan Pelantikan PC Matan ( Mahasiswa Ahli Thoriqo An-Nahdhiah) Purwakarta. 

Kegiatan ini merupakan salah satu roundown dalam memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kabupaten Purwakarta Yaitu melaksanakan Isthosah di Masing-Masing Kecamatan yang ada di Kabupaten Purwakarta. 

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua PW Matan ( Mahasiswa Ahli Thoriqo An-Nahdhiah) Jawa Barat  Bapak Dr.KH. Ajid Thohir,MA , yang sekaligus meresmikan dan melantikan Matan ( Mahasiswa Ahli Thoriqo An-Nahdhiah) Purwakarta. dan dihadiri oleh perwakilah dari dinas Kabupaten Purwakarta beserta para jajarannya, dan seluruh banom-banom Nahdhatul Ulama Ranting Sukatani beserta para Mayarakat dan Santri Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 

Kegiatan ini diawali Pembacaan Maulid Al-Barzanji Oleh Tim Hadroh Al-Muhajirin 3 lalu disambung dengan Istighosah dipimpin oleh Mudhir JATMAN (Jamiyyah Ahli Thoriqo An-Nahdhiah Syubiyyah) Purwakarta , dan diakhiri dengan doa bersama oleh MWC NU.

Sukatani.

Semoga dengan adanya kegiatan ini mejadikan keberkahan bagi kita semua, Aamiin 

Penulis : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori