Artikel Populer

Menjadi Sekolah Unggulan SMP 3 Al-Muhajirin Setelah Akreditasi BAN S/M

Menjadi Sekolah Unggulan SMP 3 Al-Muhajirin Setelah Akreditasi BAN S/M

Visitasi adalah kegiatan verifikasi dan klarifikasi instrumen akreditasi, data, dan informasi pendukung, serta observasi terhadap kondisi objektif sekolah untuk menentukan status, peringkat, dan peringkat akreditasi.

Dalam rangka pelaksanaan Akreditasi  , Tim Asesor Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-SM)  melakukan Visitasi di SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta, Senin (03/09).

Kedatangan Tim Assesor ini disambut baik oleh Pimpinan Pondok Pesantren  beserta jajarannya serta mendampingi Tim Asesor dalam melaksanakan tugasnya. Kegiatan visitasi ini sebagai bentuk penjaminan mutu dalam dunia pendidikan, asesor yang ditugaskan malakukan asasemen kecukupan memalui Sispena Visitasi, menggali data dan informasi yang sesuai dengan penilaian akreditasi serta memberikan nilai sesuai perangkat akreditasi yang ada di SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta

img-1693833415.jpg

Dalam penyambutannya, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta Prof.Dr.KH.Abun Bunyamin,MA mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Tim Asesor BAN-SM dan berharap pelaksanaan akreditasi berjalan sesuai harapan. “ saya ucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedantangannya, juga saya ucapkan terimakasih kepada Komisi Pelaksanaan Akreditas (KPA) atas pendampingannya. SMP 3 Al-Muhajirin telah siap dengan menyiapkan semua item yang dibutuhkan oleh para asesor untuk di nilai, saya juga berharap bahwa dengan adanya akreditasi madrasah ini akan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi pertumbuhan pendidikan dan memberikan arahan untuk evaluasi diri madrasah yang berkelanjutan, serta menjadi instrumen pendukung untuk mencapai mutu yang diharapkan” Kepala Sekolah Hj Kiki

Menurut Dede Samsu, S.Pd., M.M selaku asesor 1, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran asesor adalah untuk mengklarifikasi dan melakukan observasi terhadap kesesuaian antara dokumen yang di upload di Sispena dengan kondisi yang sebenarnya di SMP 3 Al-Muhajirin.

““Kehadiran kami disini tidak lain ingin memastikan bahwa dokumen yang telah di upload sudah sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, Kami juga mengingatkan untuk predikat atau nilai, kami hanya sekedar mengajukan sesuai dengan apa yang didapatkan. Yang menentukan itu adalah pimpinan BAN pusat, sebagaimana kami sampaikan terkait dengan visitasi ini,” jelasnya.

Selain klarifikasi data, mereka juga melakukan observasi kelas tentang bagaimana proses belajar mengajar berlangsung dan observasi terhadap sarana dan prasarana madrasah. Selain pihak sekolah, asesor juga mewawancarai kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha, petugas keamanan, orang tua siswa serta pemberian angket yang diisi oleh siswa.

img-1693833487.jpg

Sementara itu Bapak Drs. H. Ahnar Hidayat. M.M.Pd. selaku asesor 2 menambahkan bahwa “tugas asesor di antaranya melakukan observasi telaah dokumen untuk memverifikasi kesesuaian data dan untuk pelaksanaan visitasi selama dua hari masing-masing perhari bedurasi 5 jam. Pada hari pertama tim asesor melakukan observasi lingkungan sekolah yang meliputi ruang belajar, perpustakaan, ruang guru, mushola, UKS dan kantin. Pada hari kedua tim asesor didampingi KPA kabupaten melakukan pemeriksaan berkas,” Kata Ahnar

 "Sebenarnya yang menentukan nilai akreditasi adalah sekolah itu sendiri jadi tinggal bagaimana sekolah mampu memantaskan diri atas nilai yang diperoleh", Sambungnya.

img-1693833464.jpg

Akreditasi madrasah merupakan proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk sertifikat pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Penggunaan instrumen akreditasi yang komprehensif dikembangkan berdasarkan standar yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Hal ini didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 yang memuat kriteria minimal tentang komponen pendidikan.

Antusias dan sambutan para guru menjadi kesan tersendiri bagi Tim Asesor sehingga ucapan terima kasih menjadi akhir kalimat dalam acara penutupan akreditas yang di sampaikan oleh Dede Samsu, S.Pd., M.M selaku asesor.

Penulis : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori