Artikel Populer

SMP 3 Al-Muhajirin Gelar Tatanen di Bale Atikan (TdBA) Sarana Efektif Tumbuhnya Karakter Baik

SMP 3 Al-Muhajirin Gelar Tatanen di Bale Atikan (TdBA) Sarana Efektif Tumbuhnya Karakter Baik

Tatanen di Bale Atikan (TdBA) adalah program dinas pendidikan yang merupakan sebuah gerakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi dan berguru pada bumi yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran berbasis pancaniti dan pertanian permakultur sehingga peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan kodrat dirinya, kodrat alamnya, dan kodrat zamannya. 

Permakultur merupakan pengelolaan pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dengan meningkatkan kualitas ekosistem sehingga kebutuhan manusia terpenuhi secara berkelanjutan hingga ke masa depan yang sesuai dengan prinsip TdBA yaitu berkeadilan, berkelanjutan, dan berkearifan lokal.

Berkaitan dengan hal tersebut, SMP 3 Al-Muhajirin termotivasi untuk melaksanakan pelatihan TdBA yang terintegrasi dengan pembelajaran.

Kegiatan praktik pengelolaan sekolah TdBA di SMP 3 Al-Muhajirin yang dilaksanakan pada hari Kamis - Jumat, 13-14 Oktober 2022 yang diikuti oleh guru SMP 3 Al-Muhajirin dan perwakilan dari peserta didik bertujuan untuk menambah wawasan bagi para guru dan peserta didik mengenai pengelolaan sekolah TdBA mulai dari survey, mendesain, menganalisis, aksi/pengaplikasiannya, hingga proses pemanenan. Praktik yang dilakukan yaitu berfokus pada cara pembuatan berbagai pupuk organik dan media tanam, diantaranya :

• Ecoenzym (cairan serba guna) berbahan campuran buah-buahan akhir yang masih layak makan, molase, dan air.

• POC (Pupuk Organik Cair) berbahan campuran buah-buahan busuk, kotoran domba, molase, dan air beras.

• Biocompound, yaitu pupuk organik berbahan campuran kotoran sapi segar, gedebog pisang, daun kelor, biang/biocompound yang sudah jadi, dan air.

• PSB (Photosintesis Bacteria) berbahan campuran telur, micin, dan air.

• Komposter (pupuk kompos dari sisa makanan).

• Pembuatan sekam bakar, media semai, dan media tanam.

Praktik tersebut secara keseluruhan menggunakan bahan-bahan alami sehingga hasil tanam lebih sehat dan berkualitas baik. 

Dari kegiatan praktik pengelolaan sekolah berbasis TdBA tersebut diharapkan para guru SMP 3 Al-Muhajirin dapat memahami apa yang dipraktikkan dan dapat dilaksanakan di sekolah SMP 3 Al-Muhajirin yang terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran, serta dapat mentransfer ilmu tersebut kepada peserta didik sebagai upaya dalam menumbuhkan karakter sehingga peserta didik memiliki kesadaran hidup ekologis dalam merawat bumi, dan tentunya program ini tidak hanya menjadi tanggungjawab perseorangan, melainkan tanggungjawab seluruh warga sekolah. Dengan demikian SMP 3 Al-Muhajirin di bawah Yayasan Al-Muhajirin dapat berkontribusi dalam menggapai cita-cita Al-Muhajirin, yaitu Mengakar ke Bumi, Menjulang ke Langit.

Penulis : Niki Sopian, S.Pd

Editor : Dimas Ardiansyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori