Artikel Populer

Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H Ponpes Al-Muhajirin 3 Gelar Tabligh Akbar

Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H Ponpes Al-Muhajirin 3 Gelar Tabligh Akbar

Purwakarta – 07/04/2023

Malam Nuzulul quran menjadi salah satu momentum berharga yang terjadi di bulan Ramadhan dimana malam tersebut adalah malam turunnya Al-Qur’an ke muka bumi. Nuzulul quran merujuk pada peristiwa diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Nuzulul quran diperingati setiap tanggal 17 Ramadan setiap tahunnya.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam. Jika digabungkan, arti nuzulul quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Secara lengkap, nuzulul quran adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW di muka bumi.

Nuzulul quran juga dapat diartikan sebagai penyampaian informasi atau wahyu dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran. Alquran pertama kali diturunkan di Gua Hira pada 17 Ramadan. Momen inilah yang kini diperingati sebagai peristiwa nuzulul quran.

Jum’at pada tanggal 07 April 2023 bertempat di Masjid Al-Ihsan, Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 Menggelar Kegiatan Tabligh Akbar dalam rangka memperingati Peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H .

Agenda ini dimulai Setelah Solat Tarawih yang diawali dengan pembacaan maulid oleh tim hadroh Al-Muhajirin 3, lalu disambung dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an Oleh Santriwati Pondok Psantren Al-Muhajirin 3.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 , H. Anang Nasihin,MA dalam sambutannya menyampaikan Tentang Sejarah dan Keutamaan di dalam peringatan Nuzulul Qur’an. Lalu disambung dengan Mauidhoh Hasanah dari KH. Raden Dadan Ahdan, M.Ag . Beliau pun menyampaikan Fadhilah -Fadhilah dan Sejarah di dalam peringatan Nuzulul Qur’an. Lalu diakhiri dengan doa Bersama yang dipimpin oleh beliau .

Penulis : Dimas Ardiansyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori