Artikel Populer

Peternakan DOMTRI Al-Muhajirin

Peternakan DOMTRI Al-Muhajirin

Purwakarta,06/12/2021

Pada tahun 2020 Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 mulai merintis usaha peternakan Domba yang diberi nama Domba Santri (DOMTRI) , saat itu modal awal yang disiapkan adalah sekitar 20 Ekor Domba. Peternakan DOMTRI (Domba Santri) ini merupakan program kemandirian Pesantren yang bekerja sama dan dibantu oleh Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Republik Indonesia. dan Sekarang Peternakan DOMTRI (Domba Santri) sudah berjalan Selama 2 tahun dengan kapasitas domba yang dimiliki yaitu sebanyak 200 ekor domba. 

img-1638800788.jpg

Peternakan DOMTRI (Domba Santri) Mengelola Beberapa Jenis-jenis Domba yaitu jenis Domba Garut & Domba Kampung yang dikelola langsung oleh pegawai unit usaha Peternakan DOMTRI (Domba Santri) dibawah naungan H.Anang Nasihin,MA .Pengurusan Domba-domba ini yaitu dengan cara selalu diberi makan dengan Rumput & Konsentrat setiap hari , dimandikan setiap hari agar selalu bersih, dan dicukur setiap sebulan sekali apabila bulunya sudah panjang dan lebat.

img-1638801273.jpg

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, Rasulullah bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنْ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: مَا بَعَثَ اللَّهُ نَبِيّاً إِلَّا رَعَى الْغَنَمَ. فَقَالَ أَصْحَابُهُ: وَأَنْتَ؟ فَقَالَ: نَعَمْ. كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لِأَهْلِ مَكَّةَ

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi kecuali dia memelihara kambing.” Para sahabat bertanya “Dan engkau?” Rasulullah SAW menjawab “Benar, aku pernah memeliharanya dengan upah beberapa qirath bagi penduduk Makkah." (HR.Bukhori 2262) .

Dari penggalan hadits diatas bahwasannya Untuk menjadi kan seseorang itu mempunyai sifat sabar dan penuh kasih sayang maka harus merasakan terlebih dahulu jadi penggembala domba. Sebab, jika mereka bisa bersabar dalam menggembala kambing, bisa menghimpunnya setelah tercerai-berainya di tempat penggembalaan, bisa memindahkannya dari tempat rumput ke tempat rumput lainnya, menghalau musuhnya yang berupa hewan buas.Serta yang lainnya seperti pencuri dan mengetahui perbedaan wataknya dan sulitnya memisahkannya sekalipun dia itu lemah dan membutuhkan ikatan. Maka dari kesabaran tersebut, mereka dapat menjinakkan umat dan mengenal perbedaan watak dan tingkatan akal mereka.Sehingga dapat memperbaiki kerusakan mereka, kasing sayang terhadap kelemahan, dan berbuat baik dalam bergaul dengan mereka. Sehingga daya tahan para Nabi terhadap beban tersebut akan lebih mempermudah daripada jika mereka diberi tugas untuk pertama kalinya.

Video Peternakan DOMTRI Al-Muhajirin :

;t=3s

Untuk Informasi lebih lanjut bisa Hubungi :

087778678910 (H.Anang Nasihin,MA)

Rekening Qurban : 

10 60 666 333 (An. Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3)

Script Writer & Editor : Dimas Ardiasnyah


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori