Artikel Populer

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Suara Demokrasi” Pemilihan Ketua OSIS 2024/2025 SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) “Suara Demokrasi” Pemilihan Ketua OSIS 2024/2025 SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta

Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, adat dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi juga merupakan seperangkat gagasan dan prinsip tentang kebebasan beserta praktik dan prosedurnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Demokrasi)

Contoh kongkret dalam pengambilan keputusan dalam demokrasi antara lain pemilihan wakil rakyat yang menduduki jabatan tertentu misalnya pemilihan anggota DPR, Presiden, Gubernur, Bupati, Camat, hingga Kepala Desa.

img-1709273409.jpg

SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka telah melaksanakan pembelajaran dan serangkaian kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) berkaitan dengan implementasi kurikulum merdeka di SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta. Dalam kurikulum merdeka dirancang projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), salah satu temanya adalah Suara Demokrasi. Dalam kegiatan P5 ini siswa diajak untuk melaksanakan demokrasi yaitu Pemilihan Ketua OSIS untuk masa bakti 2024/2025. Adapun beberapa tahapan yang dilalui pada kegiatan P5 tema “Suara Demokrasi” adalah:

  1. Pengenalan

Pada tahapan ini guru sebagai fasilitator mengenalkan kepada siswa tentang pengertian demokrasi, tujuan demokrasi serta penerapan demokrasi di sekolah.

  1. Kontekstual

Siswa didampingi guru pembimbing merencanakan pelaksanaan pemilihan ketua OSIS mulai dari penjaringan dan menetapkan bakal calon yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia, serta penyampaian visi misi calon ketua dan wakil ketua OSIS.

Penyampaian visi misi dan debat  calon ketua OSIS telah dilaksanakan pada hari Jum'at, 01 Maret 2024 dengan tertib, aman, dan lancar. Para kandidat memaparkan visi misinya dengan sangat baik dihadapan Panelis, guru, dan para simpatisan masing-masing.

img-1709273490.jpgimg-1709273518.jpg

  1. Aksi

Pada tahap aksi siswa dan guru melakukan secara nyata pemilihan ketua OSIS hingga perhitugan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS telah dilaksanakan secara demokratis pada hari Kamis, 9 November 2023. Pemungutan dan perhitungan suara telah diikuti oleh Kepala Sekolah, Guru, dan seluruh siswa SMP Telkom Makassar.

img-1709273560.jpgimg-1709273648.jpg

  1. Refleksi Tindak Lanjut

Tahapan terakhir pada kegiatan ini adalah refleksi dan tidak lanjut. Pada tahap ini nantinya akan dilakukan pelantikan dan serah terima pengurus OSIS antara yang lama dan baru.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan para siswa dapat memahami bagaimana proses penerapan demokrasi dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori