Artikel Populer

KEGIATAN KEMAH AKBAR SMP 3 AL-MUHAJIRIN

KEGIATAN KEMAH AKBAR SMP 3 AL-MUHAJIRIN

Kegiatan berkemah merupakan salah satu kegiatan yang paling dinanti dalam dunia kepramukaan terutama anak-anak peserta didik. Dengan mengikuti kegiatan berkemah, peserta didik ini akan mendapatkan suasana belajar baru di luar ruang kelas. Berkegiatan dan belajar hal baru dengan teman-teman di luar jam belajar normal pada umumnya.

Kegiatan berkemah biasanya diterapkan secara wajib pada saat peserta didik masuk lingkungan tingkatan pendidikan baru. Hal ini nantinya bermanfaat untuk mendorong nilai kemandirian dan sukarela yang merupakan sifat dasar dari kegiatan kepramukaan itu sendiri. SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta Gugus Depan 11.089 – 11.090 melaksanakan Kemah Akbar pada tanggal 12 – 15 Agustus 2023 dengan peserta sebanyak 820 siswa siswi dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9 bertempat di lapangan perkemahan sekolah SMP 3 Al-Muhajirin Citapen Sukatani Purwakarta. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2023.

Nurul Faizah, salah satu pelajar kelas 7 ketika ditemui disela-sela kegiatan pramuka mengaku baru pertama mengikuti kegiatan berkemah bagi Pramuka, ”Saya sangat senang sekali, ternyata kegiatannya selain memberikan pengalaman baru bagi saya, dengan berkemah saya belajar untuk bertanggung jawab, empati dan disiplin dalam diri sendiri,” ujar Nurul. Dan tak kalah pentingnya berkemah pramuka dapat memupuk keberanian dan melatih kemandirian serta menanamkan cinta lingkungan, sambungnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP 3 Al-Muhajirin Purwakarta, Hj. Kiki Zakiah Nuraisyah, S.S.I. mengatakan berkemah seperti ini merupakan salah satu kegiatan kepramukaan yang sangat bermanfaat bagi peserta didik. “Kegiatan kepramukaan tidak lepas dari lingkungan lembaga pendidikan, semenjak terbitnya UU No 12 Tahun 2010 tentang kegiatan pramuka,” ungkap Kepala Sekolah. Kami menilai kegiatan kepramukaan seperti ini secara umum sangat positif sekali selain dapat melatih kemandirian, membentuk karakter siswa serta menanamkan sikap tolong menolong pada sesama juga menanamkan jiwa peduli terhadap lingkungan, pungkasnya.

Adapun dasar pemikiran diadakannya Kemah akbar ini adalah mewujudkan Gerakan Pramuka sebagai suatu gerakan pendidikan kepanduan bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan usaha mengembangkan dan membangun manusia yang tinggi mental, budi pakerti, dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta mewujudkan insan pembangunan yang sanggup membangun dirinya dan bersama-sama membangun masyarakat. Kegiatan ini juga bertujuan untuk melaksanakan pendidikan yang dilandasi oleh Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Penulis : Eka Erwinsyah Wibawa, S.S.

Editor : Dimas Ardiansyah 


Komentar

  1. Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar

Testimonial

Saya suka pondok nya nyaman banget...

Aqma syahiroh

Pesantren nya bukan cuma bagus dalam kurikulumnya saja tetapi juga bagus dalm pendiidikan bahasanya...

Hafidz Roihan Anshory

Saya ingin mondok di almuhajirin3...

Dimas saputra

tempatnya yang ada masjid besar yang menaranya tinggi kan? kami pernah istirahat disana. tempatnya a...

M. Rifki Firdaus

iiih,,,, aku pengen mondok disini!!...

Siska Amelia Zahra

Ilmu umumnya dapat... ilmu agamanya juga OK!...

Zamzam

Kurikulumnya bagus, memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren...

Siti Fatimah

Lokasinya luas dan fasilitasnya nyaman. Ayo Mondok! :)...

Wahyu
Kategori